Kamis, 17 Maret 2016

Fisioterapi Olaraga

Archive for the ‘ Fisioterapi Olahraga ’ Category

Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Gangguan Fungsional Bahu kiri Akibat Frozen Shoulder karna tendinitis bicepitalis

BAB I
PENDAHULUAN
Sendi bahu merupakan satu persendian yang mempunyai pergerakan yang luas berbagai arah sehingga memungkinkan terjadinya gangguan pada bahu. Gangguan aktivitas fungsional bahu bersifat krepitasi yang diawali rasa nyeri yang timbul saat melakukan gerakan aktif maupun pasif.
tendinitis bicepitalisFrozen ditinjau dari bahasa adalah kaku sedangkan shoulder ADL/bahu, jadi frozen shoulder dapat diartikan kaku bahu. Menurut istilah frozen shoulder merupakan gejala untuk semua gerakan gangguan sendi bahu yang menimbulkan rasa nyeri dan keterbatasan gerak.
Frozen shoulder sering dijumpai ditempat praktek baik itu dirumah maupun di klinik dimana kondisi seperti ini sangat mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari penderita yang mengalami frozen shoulder biasanya menganggap kondisi ini hanya dengan meminum obat penurun nyeri tanpa latihan yang khusus tapi jika dibiarkan terus menerus kondisi seperti ini dapat mengakibatkan hal yang lebih parah. (lebih…)

Mengapa Fisioterapi Dibutuhkan?

Mengapa Fisioterapi DibutuhkanFisioterapi, juga dikenal sebagai terapi fisik, yaitu ketika seorang fisioterapis (terapi fisik) mengevaluasi, diagnosis, dan memperlakukan banyak hal seperti penyakit, cacat, dan gangguan yang menggunakan kombinasi massage, peregangan, dan pereda nyeri. Fisioterapi umumnya dipandang sebagai pengobatan konvensional. Jika Anda mengalami cedera yang tidak mampu diobati sendiri di rumah, Anda mungkin perlu ke fisioterapis, tapi sekarang ini ada banyak produk yang efektif yang tersedia untuk membeli secara online jika Anda mengalami masalah kecil seperti otot tertarik atau punggung yang kaku. (lebih…)

Cara Mengukur Kecepatan Reaksi Pada Atlet

Ruler Drop testKecepatan reaksi berkaitan dengan kecepatan waktu yang dipergunakan antara mulai datangnya stimulasi (rangsangan) dengan mulainya reaksi. Kecepatan reaksi dapat diukur dengan tes Ruler Drop. Ruler Drop test bertujuan untuk mengukur kecepatan reaksi (reaction time) atlit. Dalam tes ini, diperlukan penggaris kayu yang panjangnya 1 meter dan seorang asisten.(lebih…)

Pentingnya Gait dalam Fisioterapi

Pentingnya Gait dalam FisioterapiBanyak orang percaya bahwa berjalan adalah sesuatu yang mereka telah lakukan untuk sebagian besar hidup mereka, tidak ada yang perlu mengajari mereka cara berjalan lagi setelah cedera. Sayangnya, sebagian besar cedera tulang belakang dan ekstremitas bawah mengubah mekanik berjalan dan dapat menyebabkan kecacatan tambahan jika tidak diperbaiki dengan terapi fisik dan latihan kebugaran. Dengan atau tanpa cedera, gaya berjalan (berjalan mekanik) sering semakin memburuk dengan bertambahnya usia …. belum tentu karena faktor usia, tetapi paling sering disebabkan oleh semakin melemahnya kondisi fisik. (lebih…)

Cara Mengukur Power Pada Atlet

Cara Mengukur Power Pada AtletPower merupakan suatu ukuran performa otot, yang berkaitan dengan kekuatan (strength) dan ke-cepatan gerak -> dapat diartikan sebagai kerja per unit waktu (gaya x jarak/waktu). Untuk mengukur power otot tungkai digunakan vertical jump test dan standing long jump test Untuk mengukur power otot lengan dan bahu digunakan tes tolak bola medicine 3 kg. (lebih…)

Alasan untuk Memilih Pengobatan Fisioterapi

Alasan untuk Memilih Pengobatan FisioterapiFisioterapis membantu pasien mengelola dan sembuh dari kondisi yang lemah yang membuat mereka tidak dapat berfungsi secara normal. Tujuan dari fisioterapi adalah untuk membantu orang-orang dengan kondisi yang membatasi kemampuan mereka untuk berfungsi dalam kegiatan sehari-hari. Seorang ahli terapi fisik menggunakan banyak teknik dan peralatan untuk membantu klien dengan memulihkan kekuatan fisik dan ROM, meningkatkan mobilitas bagian tubuh yang cedera, mengelola rasa sakit, memperbaiki postur tubuh, dan mengelola kondisi yang melemahkan fisik. Pasien biasanya menderita hasil dari cedera, sakit, atau penyakit kronis seperti diabetes. Peralatan terapi dapat mencakup ultraviolet dan lampu inframerah, mesin EMS, whirlpool baths, dan mesin ultrasonik. (lebih…)

Cara Mengukur Speed Pada Atlet

Sprint testSpeed berkaitan dengan kemampuan melakukan gerakan dalam waktu yang sangat singkat. Untuk mengukur speed digunakan Sprint test. Dalam tes ini, diperlukan area lapangan seluas 30 – 35 meter, stopwatch dan asisten. (lebih…)

Penggunaan Terapi Manual dalam Fisioterapi

Penggunaan Terapi Manual dalam FisioterapiPenggunaan tangan dalam prosedur terapi untuk tujuan mengurangi nyeri otot dalam praktek Fisioterapi disebut Terapi Manual. Pada dasarnya ini adalah bagian dari fisioterapi yang tidak memanfaatkan semua mesin. Melalui berbagai tekanan dan gerakan tangan serta pengetahuan tentang berbagai titik tekan serta lokasi otot, terapis manual mampu terampil meredakan otot yang terasa sakit dan tegang serta mengurangi peradangan dan nyeri. Nyeri Sederhana dan rasa pegal sangat mengganggu seperti leher kaku dan punggung sakit dapat dengan mudah ditenangkan dan bahkan disembuhkan melalui terapi manual. (lebih…)

Cara Mengukur Balance Pada Atlet

tes Standing StorkBalance merupakan kemampuan untuk memperta-hankan equilibrium baik saat diam atau bergerak. Untuk mengukur balance atlit digunakan tes Standing Stork. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan atlit dalam mempertahankan equilibrium/balance dalam posisi statik. Tes ini memerlukan stopwatch dan seorang asisten.
Prosedur pelaksanaan :
– Berdiri dengan nyaman pada kedua kaki
– Letakkan kedua tangan pada pinggang
– Angkat satu tungkai dengan menyandarkan jari2 kaki pada knee sisi kontralateral

– Kemudian, kaki yang menumpu disuruh berjinjit.
– Asisten menjalankan stopwatch.
– Pertahankan posisi tersebut selama mungkin tanpa tumit menyentuh lantai atau kaki bergeser diatas patella.
– Asisten mencatat waktu yang dicapai selama mempertahankan balance.
– Hasilnya dicocokkan dengan tabel Standing Stork test
Tabel Standing Stork Test (dalam seconds)
GenderExcellentAbove averageAverageBelow averagePoor
Male> 5050 – 4140 – 3130 – 20< 20
Female> 3030 – 2322 – 1615 – 10< 10

Cara Kerja dan Keuntungan Menggunakan Electrical Muscle Stimulation (EMS) di Bidang Medis

Cara Kerja dan Keuntungan Menggunakan Electrical Muscle Stimulation (EMS) di Bidang MedisKomunitas medis telah membuat langkah besar dalam mengembangkan metode pengobatan yang inovatif untuk pasien yang menderita cedera yang memerlukan rehabilitasi pada jaringan otot. Cedera dapat terjadi akibat kejadian yang berhubungan olahraga, suatu kecelakaan yang memerlukan kebutuhan untuk fisioterapi, atau cedera akibat kegiatan sehari-hari. Salah satu terapi pengobatan yang telah menjadi populer dalam mengobati cedera fisik adalah Electrical Muscle Stimulation (EMS).(lebih…)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar